Penyambutan Mahasiswa STAI Al Azhar Makassar dan Universitas Muhammadiyah Buton dalam Rangka Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Pada hari ini Rabu tanggal 7 Oktober 2020, Ketua Pengadilan Agama Baubau Bapak Sholihin, S.Ag., M.H menerima kedatangan 2 mahasiswa STAI Al Azhar Makassar dan 9 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Buton Fakultas Hukum Program Studi Hukum Keluarga Islam untuk Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama Baubau. Prosesi penerimaan atau penyambutan kesebelas mahasiswa tersebut dilakukan langsung saat do’a pagi di halaman gedung pengadilan.

Pada momen tersebut, selain mengucapkan selamat datang bagi para mahasiswa, Ketua Pengadilan Agama Baubau juga menyampaikan agar para mahasiswa bukan lagi belajar teori, tapi harus belajar praktik langsung mengenai berbagai macam proses di pengadilan agama, baik itu berhubungan dengan kepaniteraan atau perkara maupun kesekretariatan atau administrasi, “simulasi sidang juga harus dilakukan ya,” ucapnya. Beliau juga berpesan agar seluruh mahasiwa dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk dapat menimba ilmu semaksimal mungkin dan harapan terbesar adalah kegiatan ini dapat melengkapi khazanah keilmuan para mahasiswa terutama dalam penguasaan hukum acara di pengadilan agama.

Kemudian setelah acara penyambutan tersebut, para mahasiswa langsung diarahkan menuju ruang media center untuk mendapat pengarahan dan pembekalan dari Pembimbing yang telah ditunjuk oleh Ketua Pengadilan Agama Baubau yaitu Bapak Miftah Faris, S.H.I yang merupakan salah satu hakim. Dalam pengarahan dan pembekalan tersebut, beliau membagikan dan menjelaskan lembar kegiatan yang harus dikerjakan oleh para mahasiswa selama PPL di Pengadilan Agama Baubau 1 bulan ke depan, mulai dari bagian PTSP, Panitera Muda Gugatan, Permohonan dan Hukum, serta sub-sub bagian di Kesekretariatan dan nantinya akan ditutup dengan kegiatan simulasi sidang.

Penerimaan mahasiswa PPL di Pengadilan Agama Baubau bukanlah kali yang pertama, sebelumnya juga telah ada 2 mahasiswa Universitas Islam Malang yang melaksanakan PPL selama 1 bulan. Semoga ke depannya Pengadilan Agama Baubau terus dapat membantu dan memfasilitasi mahasiswa dari berbagai institusi demi terwujudnya insan kerja yang berkualitas dan profesional.

Admin

Comments are closed.