Resume Buku “Logika Hukum Pertimbangan Putusan Hakim”

Oleh: Alvin Syah Kurniawan, S.H (Hakim Pengadilan Agama Baubau)

Buku yang ditulis oleh Dr. Syarif Mappiasse, saat ini menjabat sebagai Ketua  Pengadilan Tinggi Agama Jakarta, mengungkap cara-cara untuk mengembalikan  kepercayaan publik kepada lembaga peradilan melalui peningkatan mutu putusan 

dengan argumen-argumen yuridis, sosiologis, dan filosofis yang berusaha  mewujudkan kepastian hukum, keadilan, dan kemanfaatan pada waktu yang bersamaan. Buku ini juga menyajikan metode-metode berpikir serta model-model  

penalaran hukum yang sesuai dengan konteks negara hukum Indonesia. Bagian awal buku ini menerangkan berbagai aspek filosofis hukum pada  tataran ontologi, epistemologi, dan aksiologi yang menjadi landasan untuk  menemukan hukum secara hakiki. Kemudian dilakukan tinjauan aspek-aspek  filosofis tersebut terhadap teori-teori hukum yang ada agar didapatkan model  penalaran hukum yang sesuai dengan kepastian hukum, kemanfaatan, dan keadilan  dengan menggabungkan sisi positif negara hukum dengan kepastian hukumnya,  dan prinsip rule of law dengan keadilan (top down – bottom up). 

Bagian selanjutnya mengenai penerapan penalaran hukum dalam mencari  dasar hukum suatu peristiwa. Tidak ada hakim yang mulai berargumentasi dari  suatu keadaan hampa. Penalaran hukum selalu dimulai dari hukum positif. Hukum  positif bukan merupakan suatu keadaan yang tertutup ataupun statis, akan tetapi  merupakan satu perkembangan yang berlanjut. Dari suatu ketentuan hukum positif,  yurisprudensi akan menentukan norma-norma baru. Penalaran hukum atau  argumentasi hukum adalah bagian dari putusan pengadilan dalam memutuskan  suatu perkara. 

Pada bagian akhir buku ini penulis menyampaikan bahwa putusan adalah  produk hakim di pengadilan. Seorang hakim sebelum melaksanakan tugasnya yaitu  membuat putusan atas perkara yang ditanganinya, tidak boleh memutuskan begitu  saja tanpa memberikan argumentasi hukum atau pertimbangan hukum atau legal  reasoning, sehingga keputusan yang akan dijatuhkan dapat didasari oleh rasa  tanggung jawab, keadilan, kebijaksanaan, profesionalisme dan bersifat obyektif. 

Buku ini menambah khazanah ilmu pengetahuan di bidang hukum khususnya  dalam cara-cara penemuan hukum yang sistematis mempertimbangkan nilai  kepastian dan keadilan substansial negara hukum (prismatik). Di dalam buku ini  telah dijelaskan pula dengan contoh kasus yang terjadi di pengadilan agama.

(Resume buku oleh Alvin Syah Kurniawan, S.H-Hakim Pengadilan Agama Baubau)

Comments are closed.